Biografi Imam Syafi'i
Imam Syafi’i yang dikenal sebagai pendiri madzhab Syafi’i
memiliki nama lengkap Muhammad bin Idris As Syafi’i Al Quraisy. Beliau
dilahirkan di daerah Ghazzah, Palestina pada tahun 150 H di bulan Rajab.
Nasab
Imam Syafi’i
Beliau bernama Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin
Syafi’i bin Saib bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Abdullah bin Abdu Manaf. Kun-yah
(panggilan kehormatan) beliau adalah Abu Abdullah (bapaknya Abdullah)
dikarenakan salah seorang anak beliau yang bernama Abdullah. Nasab Imam Syafi’i
bertemu dengan nasab Rasulullah Shalallahu alahi wa salam (SAW) pada Abdu
Manaf. Sedangkan Hasyim kakek Imam Syafi’i bukanlah kakek dari Rasulullah SAW.
Diriwayatkan bahwa ketika beberapa hari setelah ibunda Imam
Syafi’i melahirkan terdengar kabar dari Baghdad tentang meninggalnya Imam Abu
Hanifah. Tatkala diteliti dengan seksama ternyata hari meninggalnya Imam Abu
Hanifah bertepatan dengan saat lahirnya Imam Syafi’i. Para ulama waktu itu
mengisyaratkan bahwa Muhammad yang baru lahir kelak akan mengikuti derajat
keilmuan Imam Abu Hanifah.
Hadits
Rasulullah SAW yang mengisyaratkan kedatangan Imam Syafi’i
Para ulama telah menelaah sejumlah hadits dari Rasulullah
SAW berkenaan dengan kegembiraan Rasulullah SAW kepada Imam Syafi’i.
Hadits dari Ibnu Mas’ud beliau berkata: “Rasulullah SAW
telah bersabda: janganlah kamu mencaci-maki Quraisy karena orang alim Quraisy
itu ilmunya akan memenuhi bumi. Ya Allah, Engkau telah memberi siksaan pada
awal Quraisy, maka berilah anugerah pada akhir Quraisy.”
Hadits dari Ali bin Abi Thalib beliau berkata: “Rasulullah
SAW telah bersabda: jangan kamu mengimami orang Quraisy dan bermakmumlah kamu
pada mereka. Jangan mendahului Quraisy akan tetapi dahulukanlah mereka. Jangan
kamu mengajari Quraisy tetapi belajarlah dari mereka karena ilmu orang alim
Quraisy akan menyebar ke seluruh dunia,”
Kesungguhan
Imam Syafi’i dalam menuntut ilmu
Meskipun dibesarkan dalam keadaan yatim dan kondisi keluarga
yang miskin, tidak menjadikan beliau rendah diri apalagi malas. Sebaliknya,
keadaan itu membuat beliau makin giat menuntut ilmu. Pada umur 9 tahun beliau
telah hafal Al Quran seluruhnya. Beliau banyak berdiam di Masjid al-Haram
dimana beliau menuntut ilmu pada ulama-ulama dalam berbagai bidang ilmu. Beliau
mencatat ilmu-ilmu yang telah diperolehnya pada kertas-kertas, kulit dan tulang
binatang. Hingga pada suatu hari kamar tempat istirahatnya penuh oleh kertas,
kulit dan tulang. Maka seluruh catatan pada benda-benda itu dihafal oleh Imam
seluruhnya, lalu setelah itu benda-benda tersebut dibakarnya.
Kekuatan hafalan Imam Syafi’i sangat mencengangkan.
Sampai-sampai seluruh kitab yang dibaca dapat dihafalnya. Ketika beliau membaca
satu kitab beliau berusaha menutup halaman yang kiri dengan tangan kanannya
karena khawatir akan melihat halaman yang kiri dan menghafalnya terlebih dahulu
sebelum beliau hafal halaman yang kanan.
Mengenai hal ini beliau bercerita: bahwa beliau pernah
bermimpi bertemu Rasulullah SAW dan Rasulullah SAW berkata kepadanya: “Siapa
kamu hai anak muda?” Imam Syafi’i berkata. : “aku termasuk umatmu, ya
Rasulullah” Rasul berkata: “mendekatlah padaku.” Imam Syafi’i lalu mendekat
kepada Rasulullah SAW, lalu Rasul mengambil air liurnya dan meletakkan air liur
itu ke dalam mulut dan bibir Imam Syafi’i. setelah itu Rasulullah SAW berkata
padanya: “ berangkatlah, semoga Allah memberkahimu.” Setelah mimpi itu beliau
tak pernah merasa kesulitan dalam menghafal ilmu.
Beliau juga telah mencapai kemampuan berbahasa yang sangat
indah. Kemampuan beliau dalam menggubah syair dan ketinggian mutu bahasanya
mendapat pengakuan dan penghargaan yang sangat tinggi oleh orang-orang alim
yang sejaman dengan beliau.
Demikian tinggi prestasi-prestasi keilmuan yang telah beliau
capai dalam usia yang masih sangat belia, sehingga guru-gurunya membolehkan
beliau untuk berfatwa di Masjid al-Haram. Ketika itu beliau bahkan baru
mencapai usia 15 tahun.
Kepergian
Imam Syafi’i ke Madinah
Imam Syafi’i hidup sejaman dengan Imam Malik bin Anas,
seorang ulama besar pendiri madzhab Maliki. Imam Malik bin Anas juga dikenal
sebagai Ahli Hadits. Beliau menghimpun hadits-hadits nabi dalam kitab beliau
yang berjudul Muwattha’. Imam Syafi’i pernah meminjam kitab Muwattha’ pada
salah seorang penduduk Mekkah dan menghafalnya dalam waktu singkat. Imam Syafi’i
rindu untuk melihat Imam Malik di Madinah Al Munawwarah dan berharap dapat
mengambil manfaat dari ilmu beliau.
Maka pada suatu hari berangkatlah Imam Syafi’i ke Madinah
dengan niat untuk menuntut ilmu. Dalam perjalanan dari Mekkah menuju Madinah
beliau mengkhatamkan bacaan Al Qur’an sebanyak 16 kali. Malam satu kali khatam
dan siangnya satu kali. Pada hari ke delapan beliau tiba di Madinah setelah
shalat ashar. Beliau shalat di Masjid Nabawi dan berziarah terlebih dahulu ke
makam Rasulullah SAW. Setelah itu baru beliau menuju kediaman Imam Malik bin
Anas.
Ketika Imam Syafi’i menghadap Imam Malik, beliau berkata:
“mudah-mudahan Allah selalu memberimu kebaikan. Aku adalah seorang penuntut
ilmu. Kondisi dan ceritaku begini dan begini…”
Mendengar perkataan itu Imam Malik merasa kasihan dan
bertanya kepadanya: “siapa namamu?” Imam Syafi’i menjawab: “Muhammad.” Imam
Malik berkata kepadanya; “wahai Muhammad, bertaqwalah kepada Allah, hindarilah
maksiat. Aku melihat di hatimu ada cahaya. Karena itu janganlah kamu padamkan
cahaya itu dengan maksiat. Sesungguhnya cahaya itu akan menjadikanmu dibutuhkan
oleh manusia. “ Imam Syafi’i menjawab: “ya.” Imam Malik lalu berkata: “kalau
besok kamu masih ada, kami akan mengajarkanmu kitab Muwattha’.”
Imam Syafi’i berkata: “wahai tuanku, aku telah membaca kitab
Muwattha’ sampai hafal.” Imam Malik berkata: “bacalah!” lalu Imam Syafi’i
membaca dan Imam Malik menyimaknya. Ketika Imam Syafi’i khawatir Imam Malik
lelah, maka beliau berhenti. Dan Imam Malik lalu berkata: “teruskan wahai anak
muda, aku akan memperbaiki bacaanmu.” Demikianlah, maka aktivitas harian Imam
Syafi’i adalah membaca kitab Muwattha’ dibawah bimbingan Imam Malik.
Beliau pun selalu hadir di majlis ilmu Imam Malik yang
menerangkan tentang hadits-hadits Rasulullah SAW. Imam Malik memuji kuatnya
hafalan dan keluasan pemahaman Imam Syafi’i terhadap ilmu yang dipelajarinya.
Seringkali sehabis membacakan kitabnya, Imam Malik meminta Imam Syafi’i untuk
menyampaikannya kepada orang lain. Imam Malik juga sering memberikan hadiah
kepada sang murid sebagai wujud rasa cinta dan perhatian beliau kepadanya.
Demikian juga Imam Syafi’i begitu mencintai gurunya dengan
sepenuh hati. Beliau berkata: “Malik bin Anas adalah guruku. Dari beliau aku
belajar dan tidak ada orang yang aku percaya kecuali Malik bin Anas. Dan aku
menjadikan Malik bin Anas sebagai hujjah (saksi) antara aku dan Allah.”
Kepergian
Imam Syafi’i ke Iraq
Pada waktu Imam Syafi’i telah menyelesaikan pelajarannya
pada Imam Malik, beliau mendengar kabar tentang Abu Yusuf dan Muhammad bin
Hasan yang adalah murid sekaligus sahabat Imam Abu Hanifah yang sedang berada
di Iraq yaitu di kota Kufah. Beliau ingin sekali bertemu dengan mereka berdua.
Maka Imam Syafi’i lantas memohon izin kepada Imam Malik untuk pergi ke Iraq.
Imam Malik memberi tambahan bekal kepada beliau dan menyewakannya hewan
tunggangan menuju kota Kufah.
Di Kufah, begitu berjumpa dengan Abu Yusuf dan Muhammad bin
Hasan, mereka berdua sangat gembira dengan kedatangan Imam Syafi’i. Mereka
bertanya kepada beliau tentang Imam Malik bin Anas. Beliau berkata: “aku telah
datang kepadanya.” Salah satu dari keduanya berkata: “apakah kamu melihat kitab
Muwattha’?” Imam Syafi’i menjawab: “aku telah menghafal kitab tersebut dalam
lubuk hatiku.”
Itu semua telah membuat Muhammad bin Hasan dan Abu Yusuf
menaruh hormat kepada Imam Syafi’i. Muhammad bin Hasan lalu bertanya kepada
beliau tentang masalah thaharah, zakat, jual beli, dan masalah lainnya yang
dijawab dengan jawaban yang sangat bagus oleh Imam Syafi’i. Bertambah kagumlah
Muhammad bin Hasan pada beliau. Kemudian ia mengajak Imam Syafi’i ke rumahnya
dan mengizinkan Imam Syafi’i untuk menyalin kitab apa saja yan dia inginkan
yang ada di perpustakaan miliknya.
Selama di Kufah, Imam Syafi’i menjadi tamu Muhammad bin
Hasan. Ketika beliau telah selesai mempelajari kitab-kitab di perpustakaan
Muhammad bin Hasan, beliau lantas mohon izin untuk meneruskan perjalanan menuju
Persia dan kota-kota disekitarnya.
Kembali
ke Madinah
Ketika beliau di kota Romlah ada serombongan orang Madinah
datang. Beliau bertanya tentang keadaan guru beliau, Imam Malik bin Anas.
Mereka menjawab bahwa Imam Malik dalam keadaan sehat. Imam Syafi’i merasa rindu
dan ingin sekali berjumpa dengan guru yang sangat dicintainya itu. Maka beliau
pun mempersiapkan diri untuk perjalanan menuju ke Madinah.
Sampai di Madinah, setelah berziarah ke makam Rasulullah
SAW, beliau lantas menuju pengajian Imam Malik. Ketika Imam Malik mengetahui
kehadiran Imam Syafi’i, beliau memanggilnya dan memeluknya dengan penuh
kerinduan. Murid-murid Imam Malik yang lain merasa terharu melihat peristiwa
ini. Imam Malik lalu membawa Imam Syafi’i duduk disisinya. Beliau berkata:
“ajarilah ini, wahai Syafi’i.” Setelah menyelesaikan pelajaran itu, Imam Malik
mengajak Imam Syafi’i ke rumahnya.
Imam Syafi’i tinggal selama beberapa tahun di Madinah.
Selama itu beliau senantiasa mendapat perlakuan yang istimewa dan sangat
diperhatikan oleh gurunya. Pada bulan Rabi’ul awwal tahun 179 H Imam Malik bin
Anas wafat dan dimakamkan di pemakaman Baqi’ di kota Madinah. Seluruh penduduk
Madinah tenggelam dalam duka cita karena meninggalnya Imam yang sangat alim dan
mulia ini.
Setelah wafatnya Imam Malik, Imam Syafi’i masih tinggal
beberapa lama di Madinah. Beliau kemudian pergi ke Yaman, menetap dan
mengajarkan ilmunya di sana.
Berita tentang keluasan ilmu beliau segera saja menyebar ke
seluruh negeri. Orang berduyun-duyun datang untuk menyimak pelajaran yang
beliau sampaikan. Ketinggian ilmu dan ma’rifahnya, baik itu dibidang fiqh,
hadits, filsafat, kedokteran, ilmu falak dan lain-lain membuat khalifah Harun
al-Rasyid mengundang beliau dan meminta beliau untuk mengajar di kota Baghdad.
Sejak saat itu beliau dikenal secara luas dan lebih banyak lagi orang yang
datang menuntut ilmu padanya. Pada waktu itulah madzhab beliau mulai dikenal.
Imam Syafii mengajar banyak orang yang kelak sebagian dari mereka menjadi
ulama-ulama yang besar pula. Diantara murid-murid beliau yaitu Imam Ahmad bin
Hanbal yang kelak dikenal sebagai salah seorang Imam madzhab juga.
Semua orang, baik dari kalangan pejabat maupun rakyat sangat
mencintai dan mengagungkan kedudukan Imam Syafi’i. Demikian pula murid-murid
beliau begitu menaruh hormat padanya. Ini terbukti ketika Imam Ahmad bin Hanbal
sakit dan Imam Syafi’i membesuknya. Waktu beliau sampai di rumahnya, Imam Ahmad
bin Hanbal langsung turun dari tempat tidurnya dan meminta Imam Syafi’i untuk
duduk di tempat itu. Sedangkan Imam Ahmad bin Hanbal duduk di tanah dan
sewaktu-waktu beliau bertanya pada Imam Syafi’i.
Ketika Imam Syafi’i hendak pulang, Imam Ahmad bin Hanbal
menaikkan beliau ke hewan tunggangannya. Lalu Imam Ahmad bin Hanbal naik ke
tunggangannya -beliau dalam kondisi sakit- dengan menerobos jalan dan
pasar-pasar Baghdad, sampai ia bisa mengantar Imam Syafi’i tiba di rumahnya.
Pulang
ke Mekkah
Setelah beberapa waktu berada di Baghdad, beliau bermaksud
pulang ke Mekkah. Memakan waktu perjalanan beberapa hari akhirnya beliau sampai
di Mekkah. Waktu itu tahun 181 H. Sebelum masuk kota Mekkah, beliau mendirikan
kemah di luar kota. Penduduk Mekkah keluar untuk menyampaikan salam dan
menyambutnya. Beliau lalu membagi-bagikan seluruh emas dan perak yang beliau
miliki kepada mereka. Hal itu dilakukan untuk melaksanakan wasiat ibunya ketika
beliau datang ke Mekkah. Begitulah, Imam Syafi’i masuk ke kota Mekkah dalam
keadaan tidak membawa apapun, sama seperti ketika beliau keluar dari Mekkah
dalam keadaan tidak membawa benda apapun.
Beliau tinggal di Mekkah selama 17 tahun. Selama berada
disana beliau mengajarkan ilmu pada manusia. Madzhab Imam Syafi’i tersebar di
antara jamaah haji dan mereka membawa madzhab tersebut ke tempat asal mereka
masing-masing.
Selama 17 tahun tinggal di Mekkah beliau mendengar wafatnya
Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan yang dahulu pernah ditemuinya di kota Kufah.
Setelah itu wafat pula Harun al-Rasyid.
Setelah sekian lama tinggal di Mekkah beliau lantas kembali
ke kota Baghdad. Disana beliau melanjutkan kegiatan mengajar selama beberapa
waktu. Setelah itu beliau bermaksud hendak pergi ke Mesir. Ketika penduduk
Baghdad mendengar akan kepergian orang mulia ini, maka mereka keluar untuk
perpisahan dengan beliau. Di tengah-tengah penduduk ini ada Imam Ahmad bin
Hanbal. Maka diwaktu itu Imam Syafi’i memegang erat tangan Imam Ahmad bin
Hanbal dan berkata: “sungguh aku rindu akan bumi Mesir. Selain Mesir adalah
bumi yang tandus. Demi Allah, aku tidak tahu untuk kemuliaan atau untuk kaya
aku pindah ke Mesir. Atau pindah ke kubur?”
Seakan-akan Imam Syafii merasa akan wafat di Mesir dan
kuburannya akan berada di negeri itu. Lalu beliau menangis. Imam Ahmad bin
Hanbal dan semua orang yang menyaksikan perpisahan itu menangis semua. Imam
Ahmad bin Hanbal pulang sambil bercucuran airmata dan berkata pada para
penduduk Baghdad: “ sungguh ilmu fiqh telah tertutup, lalu Allah membukakan
ilmu itu dengan kedatangan Imam Syafi’i.”
Menetap
di Mesir
Di negeri Mesir segera saja penduduknya jatuh hati pada Imam
Syafi’i. Para ulama negeri itu juga memuliakannya dan meminta beliau untuk
mengajar di masjid Amru bin Ash. Beliau mengajar sehabis subuh sampai zhuhur.
Imam Syafi’i adalah orang pertama yang mengajar ilmu hadits di Mesir sampai
zhuhur. Setelah itu beliau melanjutkan pelajaran di rumahnya.
Para ulama dan orang-orang jenius terpelajar lainnya datang
menyimak pelajaran yang beliau sampaikan baik di masjid maupun di rumah. Di
antara orang-orang yang belajar pada beliau yang kelak menjadi ulama terkenal
adalah Muhammad bin Abdullah bin Hakam, Abu Ibrahim bin Ismail bin Yahya
Al-Muzani, Abu Yaqub Yusuf bin Yahya Al-Buwaiti, Rabi’ Al-Jizi dan lain
sebagainya.
Ketika di Mesir ini pula Imam Syafi’i banyak menulis kitab
yang berisi madzhab beliau. Di antara kitabnya adalah Al-Umm, Imla’ al-Shaghir,
Jizyah, Ar-Risalah dan lain sebagainya.
Sebagian
dari akhlak Imam Syafi’i
Imam Syafi’i adalah seorang yang taqwa, zuhud dan wara’.
Beliau juga sangat santun dalam memberi peringatan kepada orang yang melakukan
kesalahan. Hatinya sangat lembut dan dermawan terhadap harta.
Baihaqi meriwayatkan dari Hasan bin Habib. Dia berkata: “Aku
melihat Imam Syafi’i menunggang kuda melewati pasar sepatu. Tiba-tiba cambuknya
jatuh dan mengenai salah seorang pedagang sepatu. Lalu pedagang sepatu itu
mengusap cambuk untuk membersihkannya dan memberikan cambuk itu pada beliau.
Imam Syafi’i lalu menyuruh budaknya untuk memberikan uangnya pada pedagang
itu.”
Tiada hari yang dilewati beliau tanpa bershadaqah. Siang dan
malam beliau selalu bershadaqah, Apalagi di bulan Ramadhan. Beliau juga sering
mengunjungi fakir miskin dan menjamin kebutuhan-kebutuhan mereka. Untuk
menafkahi keluarganya beliau berdagang.
Imam Syafi’i sangat baik dalam memperlakukan
kerabat-kerabatnya. Beliau menghormati mereka dan tidak menyombongkan dirinya.
Beliau menghormati orang sesuai posisinya. Imam Syafi’i pernah berkata: “Paling
zhalimnya orang adalah ia yang menjauhi kerabatnya, tidak mau tahu terhadap
mereka, meremehkan dan sombong pada orang yang memiliki keutamaan.”
Beliau juga senantiasa memaafkan orang yang berbuat
kesalahan kepadanya. Beliau membalas kejahatan dengan kebaikan dan tidak pernah
menyimpan dendam kepada seseorang.
Pujian
Ahmad bin Hanbal kepada Imam Syafi’i
Sewaktu di Baghdad, Imam Syafi’i selalu bersama Imam Ahmad
bin Hanbal. Demikian cintanya pada Imam Syafi’i, sehingga putra-putri Imam
Ahmad merasa penasaran kepada bapaknya itu. Putri Imam Ahmad memintanya untuk
mengundang Imam Syafii bermalam di rumah untuk mengetahui perilaku beliau dari
dekat. Imam Ahmad bin Hanbal lalu menemui Imam Syafi’i dan menyampaikan
undangan itu.
Ketika Imam Syafi’i telah berada di rumah Ahmad, putrinya
lalu membawakan hidangan. Imam Syafi’i memakan banyak sekali makanan itu dengan
sangat lahap. Ini membuat heran putri Imam Ahmad bin Hanbal.
Setelah makan malam, Imam Ahmad bin Hanbal mempersilakan
Imam Syafi’i untuk beristirahat di kamar yang telah disediakan. Putri Imam
Ahmad melihat Imam Syafi’i langsung merebahkan tubuhnya dan tidak bangun untuk
melaksanakan shalat malam. Pada waktu subuh tiba beliau langsung berangkat ke
masjid tanpa berwudhu terlebih dulu.
Sehabis shalat subuh, putri Imam Ahmad bin Hanbal langsung
protes kepada ayahnya tentang perbuatan Imam Syafi’i, yang menurutnya kurang
mencerminkan keilmuannya. Imam Ahmad yang menolak untuk menyalahkan Imam
Syafi’i, langsung menanyakan hal itu kepada Imam Syafi’i.
Mengenai hidangan yang dimakannya dengan sangat lahap beliau
berkata: “Ahmad, memang benar aku makan banyak, dan itu ada alasannya. Aku tahu
hidangan itu halal dan aku tahu kau adalah orang yang pemurah. Maka aku makan
sebanyak-banyaknya. Sebab makanan yang halal itu banyak berkahnya dan makanan
dari orang yang pemurah adalah obat. Sedangkan malam ini adalah malam yang
paling berkah bagiku.”
“Kenapa begitu, wahai guru?”
“Begitu aku meletakkan kepala di atas bantal seolah
kitabullah dan sunnah Rasulullah SAW digelar di hadapanku. Aku menelaah dan
telah menyelesaikan 100 masalah yang bermanfaat bagi orang islam. Karena itu
aku tak sempat shalat malam.”
Imam Ahmad bin Hanbal berkata pada putrinya: “inilah yang
dilakukan guruku pada malam ini. Sungguh, berbaringnya beliau lebih utama dari
semua yang aku kerjakan pada waktu tidak tidur.”
Imam Syafi’i melanjutkan: “Aku shalat subuh tanpa wudhu
sebab aku masih suci. Aku tidak memejamkan mata sedikit pun .wudhuku masih
terjaga sejak isya, sehingga aku bisa shalat subuh tanpa berwudhu lagi.”
Dilain kesempatan Imam Ahmad bin Hanbal pernah berkata: “aku
tidak pernah shalat sejak 40 tahun silam kecuali dalam shalatku itu aku berdoa
untuk Imam Syafi’i.”
Abdullah, putranya lantas bertanya: “wahai ayahku, seperti
apa sih Syafi’i, sehingga ayah selalu berdoa untuknya?” Imam Ahmad bin Hanbal
menjawab: “wahai anakku, Imam Syafi’i bagaikan matahari bagi dunia dan seperti
kesehatan bagi tubuh. Lihatlah anakku, betapa pentingnya dua hal itu.”
Abdul Malik bin Abdul Hamid al-Maimuni berkata: “Aku berada
di sisi Ahmad bin Hanbal dan beliau selalu menyebut Imam Syafi’i. Aku selalu
melihat beliau mengagungkan Imam Syafi’i.”
Wafatnya
Imam Syafi’i
Beliau wafat pada malam jum’at akhir dari bulan Rajab tahun
204 H setelah mengalami sakit selama beberapa waktu. Setelah isya ruh beliau
yang suci kembali ke Rahmatullah di pangkuan murid beliau, yaitu Rabi’ al-Jizi.
Jenazah beliau dimakamkan dengan iringan tangis dan rintih duka cita dari
segenap penduduk Mesir.
Komentar
Posting Komentar